Selamat datang di blog Ajeng Tryana, Happy blogger geng! Terimakasih sudah mengunjungi blog saya. Jangan lupa di join ya (‾▽‾)♥(‾⌣‾) muahh

Selasa, 17 April 2012

Kelebihan dan Kekurangan Air Kelapa Muda


Banyak manfaat air kelapa muda. Namun juga ada minusnya. Apakah itu? Yuk kita simak.
Di Sumatra Barat dan Riau air kelapa muda yang tempurungnya masih lunak bisa diambil sebagai obat pencegah demam (setelah dicampur dengan kuning telur ayam), terutama bagi anak kecil
Memang, hanya gula glukosa sebanyak 2% dan sedikit mineral natrium dan kalsium yang terkandung dalam air kelapa muda. Akan tetapi, air glukosa bersifat endoterm (menyerap suhu panas dari lingkungan sekelilingnya), sehingga berakibat mendinginkan. Terutama untuk menjaga agar benih kelapa tidak mati kepanasan. Daya mendinginkan itu akan meningkat kalau air itu dicampur dengan kuning telur ayam yang juga bersifat endoterm.
Gangguan metabolisme (pertukaran zat) yang sampai menimbulkan demam (karena orang yang bersangkutan sukar berkeringat dan buang air) dapat hilang dengan cepat kalau orang itu berhasil berpeluh deras. Ini bisa dicapai dengan minum air kelapa yang dicampur dengan telur ayam. Kalau yang dipakai itu air kelapa hijau muda, tidak perlu lagi ditambah telur ayam.
Selain itu air kelapa, terutama kelapa muda, juga mampu melarutkan racun yang agak pekat dalam perut, hingga daya racunnya berkurang. Hanya racun yang terlalu pekat (obat serangga untuk bunuh diri, misalnya) tidak mungkin diencerkannya. Zat yang terkandung dalam air kelapa tua juga glukosa, tetapi karena kepekatannya sudah turun hanya tinggal 1%, maka daya serap panasnya juga tidak besar. Jadi, tidak dipakai sebagai obat.
Impotensi itu biasanya lebih sering disebabkan oleh faktor psikis. Jadi, tak ada hubungannya dengan air kelapa muda. Air kelapa memang tidak baik untuk digunakan dalam perjalanan, karena terlalu banyak mengandung kalsium, sehingga memudahkan terjadinya kejang otot dan cepat menimbulkan rasa lelah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar