Selamat datang di blog Ajeng Tryana, Happy blogger geng! Terimakasih sudah mengunjungi blog saya. Jangan lupa di join ya (‾▽‾)♥(‾⌣‾) muahh

Selasa, 14 Februari 2012

Naskah Drama (Nenek Gayung)



JUDUL DRAMA : NENEK GAYUNG
KELOMPOK 1
Nama Kelompok :
Ajeng Tria Yuliani                 : Nenek - Nenek
Hadi Pramono                       : Korban
Elly Syukriyah Saputri          : Masyarakat
Rakasiwi Surya                      : Masyarakat dan Copet 2
Ahmad Farhan                      : Pak RT dan Copet 1

Guru Pembimbing           : Bu Winanti Rahayu
Kelas/Jurusan                   : XD/ TAV-TEI
SMK NEGERI 4 JAKARTA UTARA







Akhir tahun 2011 kemarin dan awal tahun 2012 ini, masyarakat heboh dengan kehadiran sosok nenek gayung yang mencari tumbal, konon katanya nenek gayung itu berada di daerah BKT Jakarta Timur. Sosok nenek gayung itu berpakaian serba hitam dengan membawa gayung dan tiker yang kumel. Dari mulut  ke mulut banyak yang bilang jika bertemu dengan nenek gayung tidak boleh berbicara, menegor ataupun tersenyum dengan nenek gayung itu. Berita ini sangat dipercayai oleh kampung di desa Suka Makmur. Bagaimana cerita selanjutnya, tetap di TKP..
Pagi hari yang cerah..
Ajeng  : “Hoammm, ckckck. Matahari udah nongol aja, nenek hampir telat mandi”
Nenek pun mandi dengan membawakan perlengkapan mandinya termasuk gayung.
Ajeng  : “Yah, nenek kepagian. Kamar mandinya udah penuh. Nenek tunggu disini aja deh”
Nenek pun duduk dekat kamar mandi. Ternyata ada pemuda datang dengan wajah yang sangat kesal yaitu Hadi. Hadi adalah anak Pak RT dan ia juga anak piatu didesa Suka Makmur. Hadi pun duduk dekat nenek itu.
Ajeng  : “Anak kecil, pagi-pagi begini kenapa muka kamu kaya begini. Masih pagi kok udah cemberut aja”
Hadi pun terdiam dan mengingat tentang gosip yang sedang beredar akhir ini, Hadi pikir nenek itu adalah nenek gayung, Hadi pun tidak menjawab pertanyaan nenek gayung itu.
Ajeng  : “Hee, anak muda, ditanya kok diam saja?”
Lagi lagi Hadi tidak menjawabnya.
Ajeng  : “Kualat kamu, nak.. nak! Ckckck”
 Hadi   : “Apasih lo? Sok banget kenal sama gue?”
Ajeng  : “Nenek kan cuma mau tanya, kenapa pagi-pagi begini muka kamu udah lecek kaya baju belum digosok”
Hadi    : “So? Masalah gitu buat lo?”
Nenek pun terdiam dan segera meninggalkan Hadi untuk mandi.
Dari kejauhan ternyata Hadi sudah diincar oleh kedua lelaki jahat
Copet 1           : “Sini lo, serahin semua isi dompet lo, handphone lo juga! Cepet”
Hadi                : “Apa apaan sih lo? Mau nyoba-nyoba copet gua hah?”
Copet 2           : “Dih songong, cepet serahin semuanya!”
Hadi                : “Ga bakalan!”
Copet 2           : “Eh lu tau ga ini apaan?” Menunjukkan pisau yang karatan
Hadi                : “Pisau lah, dih lu ga pernah sekolah ya makanya nanya sama gue?”
Copet 2           : “Maksudnya, ini buat apaan?”
Hadi                : “Ya buat motong-motong lah! Errrght, ga punya otak kali lo ya”
Copet 1           : “Udah sikat aja bos”
Hadi                : “Sikat? Emang gue kuman”
Copet 2           : “Lama lama nyolot yah nih orang!”
Akhirnya mereka pun membunuh Hadi, mereka menaruh mayat Hadi dibelakang kamar mandi. Malam harinya, pak RT desa Suka Makmur memberitahukan warga bahwa anaknya menghilang sejak pagi. Pak RT dan warga pun keliling mencari Hadi.
Pak RT            : “Hadi… Hadi..”
Tengah malam pun tiba, Hadi belum juga ditemukan. Mereka pun lelah dan segera kembali ke rumah masing-masing.
Raka                : “Sudah, besok lagi saja pak kita cari Hadinya. Lagian, sudah larut malam”
Pak RT            : “Baik.. Ya Allah, anakku”
Pagi harinya, sama seperti pagi-pagi yang lain. Nenek mempersiapkan peralatan mandi untuk mandi. Kebetulan sekali, pagi itu hujan. Karena nenek tidak mempunyai payung, nenek membawa tiker yang kumel dan jelek untuk melindungi nenek dari hujan.
Ajeng  : “Yah, hujan. Nenek ga bisa mandi dong. Emm, aha! Nenek kan punya tiker, nenek pakai tiker saja untuk melindungi nenek”
Disisi lain Elly bertemu dengan Raka saat Elly ingin ke kamar mandi
Elly      : “Rakaaa.. Sini deh!”
Raka    :  “Kenapa, Ly?”
Elly      : “Gua curiga tau sama gosip yang beredar akhir akhir ini tentang nenek gayung. Soalnya, kemaren pagi gua tuh liat anaknya pak RT lagi ngobrol bareng dideket kamar mandi.  Gua takut kalau nenek gayung itu beneran ada dan Hadi menjadi korban nenek gayung itu, Ka”
Raka    : “Hah? Serius lo? Tapi gua ga percaya ah kalo nenek gayung itu emang ada”
Elly      : “Serina gue, ya iyalah serius! Dua rius iya malahan. Orang gua liat dimata kepala gua sendiri”
Raka    : “Yaudah, kita lapor aja yuk ke pak RT”
Elly      : “Ayoo…”
Mereka pun mendatangi rumah pak RT dan memberi tahu semua yang Elly lihat kemaren pagi.
Elly dan Raka : “Pak RT.. Assalamu’alaikum. Pak RT”
Pak RT            : “Walaikumussalam, ada apa anak-anak pagi pagi gini kerumah saya?”
Raka                : “Ini loh, Pak. Soal anak bapak, Hadi”
Pak RT            : “Oh, iya. Gimana dengan anak saya? Apa kamu sudah menemukan?”
Elly                  : “Bukannya gitu, kemaren tuh saya ngeliat Hadi lagi ngobrol sama nenek-nenek, saya pikir sih dia gayung. Saya takut kalau nenek gayung itu emang beneran ada, Pak! Soalnya nenek itu bawa gayung gitu”
Pak RT            : “Haha, macem-macem aja kalian, mentang-mentang gosipnya sudah sampai di mbah google kalian percaya gitu?”
Elly                  : “Yaelah Pak RT, kaga percaya amat sama saya hetdeh, Pak! Saya lihat pakai mata kepala saya sendiri, Pak. Ya Allah”
Pak RT            : “Ah, ngaco kalian ini. Yaudah pulang aja sana”
Raka                : “Emang apa salahnya pak kalau kita buktiin dulu gitu?”
Pak RT            : “Nak, ini masih pagi, lagian sekarang hujan deres noh liat! Tentang nenek gayung itu cuma mitos, percaya amat sih nih anak muda, kaya saya dong. Orang tua kaga percaya hal-hal kaya gitu!”
Elly                  : “Yaudah terserah bapak aja deh kalo ga percaya. Yaudah yuk ka, kita pergi. Makasih ya pak, Assalamu’alaikum”
Pak RT            : “Walaikumussalam”
Mereka pun pergi dari rumah pak RT, tidak jauh dari rumah pak RT mereka melihat nenek nenek sedang membawa gayung dan tiker. Serta berpakaian serba hitam.
Elly      : “Raka, Raka i..i..itu liat!”
Raka    : “Ngapa sih lu ly?” Raka pun menoleh kearah yang ditunjukkan Elly
Raka    : “Astagfirullah huladzim, laillahailallah. Ly, serius ly gua li..li..liat nenek gayung itu?”
Elly      : “Yaelah ka, dikata gua serina juga buset deh takut amat lo sama nenek nenek gitu”
Raka    : “Bukannya gitu, Ly”
Elly      : “Lah, terus apaan? Haha, kaya anak kecil lu masih takut sama setan. Kita samperin dah yo!”
Raka    : “Apa-apaan sih lu, Ly. Lu ga inget apa pikun sih larangan kita kalo ketemu sama nenek gayung tuh gimana. Lu mau jadi korban selanjutnya setelah Hadi, Ha?
Elly pun menyamperi nenek itu
Raka    : “Elly…. ih nih anak ngatak banget sih”
Elly      : “Eh, lo nenek gayung ya”
Ajeng  : “Kalo tau kenapa nanya?”
Elly      : “Anaknya pak RT lo bunuh ya?”
Ajeng  : “Kalo lo tau kenapa nanya?”
Elly      : “Rakaa… Sini…” Raka pun menyamperi Elly
Elly      : “Eh, nenek nenek mana temen gue, Ha?”
Raka    : “Elly, apa-apaan sih lu?”
Ajeng  : “Eh, anak muda. Kalo punya mulut dijaga bisa kaleee”
Raka    : “Ly, udah ly. Ga baik marah-marahin nenek jelek begini”
Elly      : “Diem lo Ka! Eh, gara-gara lo ya sedesa gue tuh panik dengan keadaan lo disini. Sebenernya lo siapa sih? Pengen tenar gitu dengan tiker lo yang jelek kumel gini”
Ajeng  : “Kenapa? Lo ga suka? Makanya beliin gue tiker dong biar lo ga ngata-ngatain gue. Lo ngaca dong sama diri lo sendiri. Udah oke belom? Makanya kalau ngaca tuh jangan di air got ono noh! Lo ga punya kaca kali ya? Gue sih sebenernya kasihan sama lo. Nantang banget sama nenek nenek kaya gue gini!”
Elly      : “Eh, kurang ajar ya nenek gayung. Berani beraninya banget lo ngata-ngatain gue”
Raka pun memberi tahukan kejadian ini kepada pak RT
Raka    : “Pak RT.. tolong pak, saya lihat nenek gayung. Ayo cepet bapak ikut saya”
Pak RT pun mengikuti Raka
Ajeng  : “Kualat lo, cu! Sama orang tua begini amat lo. Siapa sih orang tua lo? Engga pernah di ajarin sopan santun kali lo ya”
Pak RT            : “Ada apa ini? Astagfirullah huladzim. Kalian ini kenapa sih?”
Elly                  : “Lagian, bapak ga percaya sih. Mata saya tuh masih bekerja dengan baik, Pak. Ini loh Pak yang namanya nenek gayung yang saya certain ke bapak barusan. Dia tuh pak yang bunuh anak bapak”
Pak RT            : “Ya ampun Elly. Dia tuh bukan nenek gayung. Dia warga baru didesa kita”
Raka dan Elly : “Maksud bapak?”
Pak RT            : “Yang jelas dia bukan nenek gayung atau siapa pun”
Ajeng              : “Huuuh, ngatak sih kamu cu”
Pak RT            : “Yaudah sekarang kalian jangan asal fitnah ya”
Raka                : “Iya tuh Ly, kata gua apa. Nenek gayung itu emang engga ada”
Elly                  : “Kalau begitu, Hadi kemana pak kalau bukan sama dia?”
Ajeng              : “Hadi? Siapa Hadi toh cu?”
Pak RT            : “Dia anak saya nek, Orangnya tinggi rada idiot gitu mukanya”
Ajeng              : “Emmm, Pak RT, kemaren nenek melihat Hadi dibawa sama kedua laki-laki. Dia diajak ke belakang kamar mandi ini, kalo ga salah sih ya Hadi kaya digotong-gotong gitu Pak. Coba saya cek dibelakang kamar mandi ini”
Mereka semua pun segera mengecek dibelakang kamar mandi
Pak RT            : “Astagfirullah huladzim, anakku”
Pak RT pun menangis. Suasana disana sangat sendu. Dan sekarang Pak RT sangat menyesali semua perbutannya ke Hadi karena Pak RT sering tidak memperhatikan Hadi, kemaren pagi Pak RT memang menyuruh Hadi untuk pergi kerumah saudaranya untuk tinggal disana, tetapi tanpa disangka. Ternyata Hadi sudah dipanggil oleh Allah SWT.
Catatan           :
 Jangan percaya kepada mitos yang belum diketahui kepastiannya, apalagi jika mitos itu menyebabkan korban. Jika iman kita kuat, nenek gayung, kolor ijo atau makhluk apapun yang berbau mistis itu mustahil adanya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar