Selamat datang di blog Ajeng Tryana, Happy blogger geng! Terimakasih sudah mengunjungi blog saya. Jangan lupa di join ya (‾▽‾)♥(‾⌣‾) muahh

Senin, 20 Februari 2012

Cara Mengatasi Insomnia



Insomnia adalah kesukaran untuk memulai tidur atau pun mempertahankan tidur (sulit tidur). Biasanya kesulitan tidur ini disebabkan oleh gangguan didalam waktu dan mekanisme dalam tidur. Hal ini biasanya diperberat dengan perilaku yang tidak sehat, seperti tidak teratur dalam jam tidur, sering bergadang dan terbiasa mengonsumsi sesuatu yang mengandung kafein seperti kopi dan rokok. 


Cara Menghilangkan dan Mengobati Insomnia Tanpa Obat-Obatan
Berikut ini adalah tips mengatasi Insomnia tanpa obat-obatan :


  1. Melakukan olahraga yang teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolahraga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan olahraga kesehatan akan lebih menjadi optimal, sehingga tubuh dapat menghilangkan stress yang muncul dengan lebih baik.
  2. Menghindari makanan dan minuman terlalu banyak menjelang tidur. Makan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi lebih tidak nyaman, sementara minuman yang terlalu banyak akan lebih sering kekamar mandi untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua ini  sangat menggangu kenyamanan tidur.
  3. Tidur dengan lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal-hal yang menimbulkan suara. Pastikan anda nyaman dengan suhu kamar tidur. Jauhkan jam meja dari pandangan anda, karena dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut dan pada akhirnya anda sulit tidur.
  4. Kurangi konsumsi makanan yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi, alkohol dan rokok. Minuman ini akan membuat anda terjaga dan tentu saja membuat anda sangat sulit tidur.
  5. Makanlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila terbiasa tambahkanlah dengan susu hangat.
  6. Mandi atau berendam dengan air hangat minimal 30 menit atau sejam sebelum tidur. Air hangat dapat menyebabkan efek sediasi atau merangsang tidur. Selain itu juga dapat mengurangi ketegangan tubuh, hal ini sangat baik digunakan untuk mengatasi insomnia.
  7. Berhenti menonton televisi, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.
  8. Menggunakan tempat tidur hanya untuk tidur. Hal ini sangat membantu anda untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat ditempat tidur akan merangsangkan untuk tidur
  9. Melakukan aktivitas relaksasi secara rutin, melatih pernafasan, meditasi dll akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh anda akan lebih santai. Keadaan ini akan mempermudah untuk tidur.
  10. Menjernihkan pikiran, hilangkan segala kekhawatiran yang masuk dalam pikiran anda.  Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah mencurahkan semua kepada sahabat, orang tua, saudara atau pada media.
  11. Tidur dan bangun tepat jam, waktu tidur yang kacau akan mengakibatkan waktu tidur berikutnya.
Demikian tips untuk menghadapi insomnia. Ingatlah... bahwa tidur merupakan kebutuhan pokok tubuh untuk pertumbuhan dan dapat membantu fungsi organ yang terganggu. Insomnia bukanlah penyakit bawaan dan tentu sangat mudah untuk mengatasinya dengan cara diatas. Jika anda telah melakukan tetapi tetap gagal segera berkonsultasilah pada dokter anda. Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar